Build Guide Gnar [ League of Legends Indonesia ]

January 16, 2017 Unknown 0 Comments

Build Guide Gnar Lol Indonesia

GNAR : The Missing Link , Build Guide Gnar Top [ Bahasa Indonesia ]

ini lah dia salah satu champion yang jadi bahan rebutan  pick dan ban saat ajang turnamen World Championship League of legends 2016 , seperti yang kita tau di turnamen kemarin banyak sekali para Progamer yang begitu memperhatikan champion ini . sehingga saya pun heran kenapa gnar begitu sangat di perhatikan oleh para Proplayer , akhirnya saya pun mencoba mencari informasi Mengenai Satu champion ini dan ternyata benar champion ini memiliki satu ke unikan , yang mungkin tidak di miliki oleh champion lain di League of Legends . oleh sebab itu di sini saya akan berbagi
Build Guide Gnar Top , Gnar pro build , tips-trik Bermain Gnar , dan mengungkap rahasia Gnar kenapa selalu menjadi bahan rebutan oleh pemain progamer ? .

baca juga ( apa Itu League of Legends ? dan apa itu Esport ? )
Mengenal Gnar

Gnar bisa di katakan sebagai salah satu champion yang unik yang pernah Riot buat , kenapa bisa di bilang seperti itu ?
Karena pada dasarnya Gnar adalah tipe champion Fighter yang memiliki serangan dan pertahanan yang bagus ,  dan kita tau sendiri bahwa rata-rata Champion Fighter Serangan auto attack nya itu jarak dekat tapi gnar sendiri auto attack nya itu range mirip dengan para ADC ( Attack Damage Carry ) yang melakukan serangan dari jarak jauh , ini lah salah satu keunikan yang di miliki oleh Gnar . tipe champion Fighter tapi memiliki Auto attack range dalam serangan nya .
Review Gnar : Health 540 (+65 per level) Health ini bukan lah health para tanker tapi healt ini lumayan untuk gnar yang memiliki serangan jarak jauh .
Health Regen 2.5 (+0.5 per level) , Armor 23 (+2.5 per level) , Magic Resist 30 (+0 per level) , Attack Demage 51 (+3 per level) , Attack speed 0.625 (+6% per level) , Movement speed 325 .

dan ke unikan Gnar yang selanjut nya adalah dari Passive abilities Rage gene dimana setiap gnar melakukan serangan, bar energy nya akan bertambah dan membuat gnar berubah menjadi Mega Gnar yang memberikan peningkatan serangan dan pertahanan , juga mengaktifkan abilitie milik gnar lainnya yaitu dari skill W dan R .

Build Guide Gnar


Standar Rune
9x Mark of attack demage, 0.95 attack damage
9x Seal of Armor, +1 armor
9x Glyph of Magic Resist, +1.34 magic resist
3x Quintessence of attack speed bisa juga di ganti dengan Quintessence of attack damage .

Build Guide Gnar











Note : gunakan 9x rune Glyph CDR dan 9x rune Seal Armor jika lawan kalian tipe champion AD . dan gunakan 9x rune Glyph magic resist  dan 9x rune Seal HP scaling jika lawan kalian Champion tepi AP . rune Attack demage dan  Attack speed bisa jadi kombinasi yang sangat bagus mengingat karna Gnar memiliki  serangan jarak jauh sehingga kalian bisa kiting lawan terus menerus dari jarak yang aman , tapi ingat semuanya ini kembali tergantung siapa lawan kalian di line .

Masteries

Builde Guide Gnar

Penguasaan yang sangat baik pada gnar terutama saat teamfight , kalian akan menjadi tanki bos saat gnar berubah menjadi mega gnar .

Recovery atau unyielding :
 unyielding adalah pilihan yang bagus jika kalian memasukan item tanki krana kalian akan mendapatkan bonus armor dan mr bagus buat defens
Explorer atau Tough skin :
 explorer membuat gnar sedikit lebih licin untuk lolos dari gank jungler lawan dan potensial mengejar musuh akan lebih bagus apa lagi di tambah item black cleaver dan Frozen mallet , semakin tipis kemungkinan musuh untuk bisa lolos dari kalian.
Runic armor atau Veteran's Scars :
Veteran's scars memberikan bonus 50hp tapi runic armor juga bukan pilihan yang buruk karna Hp regen bisa membantu kalian di tambah dengan lifesteal membuat kalian lebih lama trading di lane .

Speels

Teleport dan flash / Teleport dan ignite

saya pribadi lebih memilih Teleport dan flash karna flash sangat mambantu kalian di awal game maupun di akhir game , di banding dengan ignite yang menurut saya hanya akan membantu di awal game saja ,  di late game kurang cocok karna otomatis di late game item musuh juga sudah banyak yang jadi shingga ignite kurang berasa di late game .
 berbeda dengan flash, flash pasti sangat di butuhkan untuk kabur dan mengejar lawan dan potensial anda lolos dari mati atau mengejar musuh untuk mendapatkan kill lebih besar . ingat speels sangat benar-benar ber pengaruh di game, jadi pertimbangkan lah terlebih dahulu untuk memilihnya.

Abilities

maksimal kan dulu skill Q karna sumber demage gnar ada di skill Q nya , lalu maksimal kan skill W kemudian R dan E terakhir .

Items

untuk starting item kalian bisa pilih Dorans blade untuk mengoptimalkan survive laning phase di early game .
dan kalian bisa pilih Cloth armor jika lawan kalian di lane adalah tipe champion Hard poke atau havy AD .
Core item :
Frozen mallet item ini banyak di jadikan di berbagai pertandingan sebagai item pertama karna jumlah potensi kiting sangat besar dan bagus, memberikan efek slow pada musuh juga sangat berguna jika kalian sedang di gank , jadi kalian bisa mundur sambil kiting kiting jungler lawan ,tak hanya itu Frozen mallet juga memberikan +700 health +30 attack demage membuat kalian bagus di defens dan tidak buruk juga di serangan karna ada tambahan +30 attack demage tadi .
dan untuk Item kedua , kalian bisa buat Ninja Tabi atau Marcurys Treads Tergantung lawan kalian lebih banyak ke AP atau AD .

selanjut nya The Black Cleaver Item ini sangat cocok kalaw lawan kalian di lane adalah seorang tankker karna Passive item ini mampu mengurangi armor musuh sebanyak 5% selama 6 detik ( tumpukan 6 kali sampai 30% ) dan setiap melakukan serangan Item ini juga memberikan 20 movement speed selama 2 detik . Frozen Mallet yang memberikan efek slow di tambah Black cleaver yang memberikan Movement speed membuat gnar semakin membabi buta di team fight dan ini juga memudahkan gnar untuk mengejar musuh yang coba lari darinya .
kalau item penyumbang demage itu sudah jadi ,

selanjut nya kalian bisa membuat Guardian Angel atau Randuins omen .  saya sendiri lebih suka Guardian Angel karena Passive nya sangat membantu di mid game , dan kalian juga bisa menggantinya dengan Spirite Visage atau Banshee's Veil jika team musuh banyak champion AP  .

Situational Items :

Lihat komposisi Team kalian apa yang kurang dari team kalian ? ,
Kalau misal tim kalian butuh Tankker Maka buatlah Warmog's atau Dead mans Plate , tapi kalau kalian merasa sudah ada yang cukup tanki di team kalian tak ada salah nya kalian membuat items demage lagi seperti Trinity Force dan yang lainya , kurang lebih gambaran nya seperti ini .

Full Items :

items Gnar lol indonesia





tapi sesuai yang sudah saya jelaskan tadi buat lah Items Sesuai dengan komposisi team dan juga situasi , jangan pernah buat item se mau loe !! . karena para pemain Proplayer selalu lebih mementingkan komposisi team dan kerja sama nya dari pada bermain individu .

Tips-Trik Gnar

di awal game
usahakan lah untuk bermain santay jangan pernah nafsu untuk mendapatkan kill . fokus lah untuk Farming farming farming dan farming . ingat para pemain Proplayer itu lebih mementingkan Farming dari pada untuk mendapatkan kill, usahakan lah kalian lebih unggul mendapatkan CS (creep score) dari musuh kalian di lane .
mulai lah belajar farming dengan benar yang artinya jangan pernah lewatkan satu minion pun , usaha kan lah untuk selalu me lashit minion musuh dengan baik .
ini lah yang membeda kan pemain Pro dan pemain newbie , perlu kalian ketahui jumlah kill tidak menentukan skill bermain kalian . ini adalah game setrategy yang membutuhkan kerja sama team dan kecermatan melakukan tak tik untuk bermain .

Gunakan skill Q gnar untuk mengganggu musuh yang sedang farming , di sini gnar punya ke unggulan dalam auto attack nya dimana abilities skill dan auto attack nya berupa serangan jarak jauh atau range . jadi maksimalkan lah kelebihan nya ini , di saat musuh ingin melakukan last hit pada minion kita , ganggu lah mereka dengan skill Q milik gnar dan terus lakukan auto attack otomatis bakal banyak healt yang hilang dari musuh .
dan perlu di ingat Gnar bukan lah Champion bertipe Tank hindari pertaurngan jarak dekat , usahakan tetap menjaga jarak aman dari musuh .

dan jika Gnar sudah mencapai lvl 6 atau ultinya sudah terbuka tak ada salah nya kalian melakukan fight dengan musuh guna untuk menghilangkan healt nya dan memaksakan mereka untuk balik ke base .
Lihat bar energy Gnar dan juga lihat Healt musuh .
jangan pernah maju walaupun kalian sudah menjadi Mega gnar di saat healt musuh masih penuh , ini akan sangat berdampak buruk walau gnar mendapatkan penambahan demage dan healt di saat berubah tapi dalam ke adaan ini gerakan kalian akan me lambat dan juga tidak bisa menyerang dengan jarak jauh .
jadi jika kalian ingin melakukan Fight di awal game usahakan lah untuk kiting musuh terlebih dahulu  atau mencicil serangan . setelah healt musuh berada di skitar 65%-50%  , dan juga Bar energy gnar sebentar lagi akan penuh maka situasi ini lah yang cocok untuk langsung menyerang musuh dan langsung mendekatinya .

Gunakan skill W untuk men stun musuh lalu skill Q ambil kembali batu nya , dan lakukan auto attack , jika musuh berada dekat tembok gunakan lah Ulty skill R untuk melempar musuh agar membentur tembok di sini akan ada penambahan demage kalau kalian berhasil melemparkan ke dinding atau tembok , seperti contoh gambar di bawah ini .

Gnar League of legends indonesia


 kemudian gunakan skill Q jika musuh mencoba kabur , dan kalian bisa menggunakan skill E untuk kembali mendekat kan kalian dengan musuh , tapi jangan memaksakan jika musuh sudah aman berada di bawah tower nya . sesuai yang sudah saya jelaskan tadi jangan lah nafsu untuk mendapatkan kill lebih baik kalian melanjutkan untuk farming .

setidak nya kalian telah menghilangkan banyak heal musuh dan memaksa kan mereka untuk kembali ke base , dan di sini kesempatan kalian untuk mendapatkan Creep score sebanyak-banyak nya .
tapi jika ingin melakukan Push cobalah untuk memasang ward terlebih dahulu , antisipasi gank dari jungler lawan . warding itu sangat penting  stau warding bisa menyelamatkan kalian , jadi jangan pernah sepele kan yang satu ini .

satu tips dari saya , jika musuh mencoba main save / alias main meluk tower terus usahakan lah kalian jangan terlalu mengepush nya . tapi coba lah untuk melakukan last hit pada minion saja , Ingat Hanya melakukan Las Hit pada minion jangan ikut-ikut menyerang nya
biarkan minion kalian yang mengurangi darah minion musuh dan yang perlu kalian lakukan hanya melakukan las hit guna untuk mendaptkan gold , memang guna nya buat apa ?

tentu saja setrategy ini sangat berguna karna secara tidak langsung kalian akan lebih unggul dalam mendapatkan CS , dan otomatis minion kalian tidak akan di lashit oleh champion musuh melainkan minion kalian sudah mati terlebih dahulu oleh minion musuh .

Team Fight

di sini kalian bukan lah seorang tanker jadi jangan pernah sosoan untuk maju paling depan , jika support kalian tipe champion tank , biarkan lah mereka yang maju terlebih dahulu . dan incar ADC atau APC musuh lebih dulu lakukan lah spam skill Q terus menerus agar bar energy kalian cepat penuh .
jika sekiranya gnar sudah akan berubah lansung masuk lah pada fight kalian bisa mendekat kan diri ke adc atau apc musuh dengan mengunakan skill E . Stun mereka mengunakan Skill W  dan maksimalkan lah Ulty gnar dengan kata lain kalian harus bisa melempar musuh sebanyak banyak nya ke tembok atau ke arah team kalian ,  agar ADC kalian mudah untuk menyumbang demage yang besar .

ini lah yang menjadi Kenapa Gnar selalu menjadi pilihan bagi para pemain tier tinggi ,
yang pertama ke unikan nya seorang fighter yang bisa melakukan serangan jarak jauh dan banyak nya skill CC yang sangat membantu saat team fight menjadikan gnar sebagai pilihan terbaik di lane top .

oke sob mungkin sekian dulu artikel saya kali ini , jika ada pertanyaan atau masukan jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar di bawah , dan jika artikel ini membantu kalian bisa men share nya , karna berbagi itu indah gays :D
dan terima kasih banyak atas waktunya !!


Artikel ini di buat dari berbagai Sumber Referensi Marin Proplayer League of Legends , Guide LoL King , Champion gg Build Gnar , League of Legends Na , Proplayer League of legends indonesia ,dan juga dari pengalaman pribadi .


You Might Also Like

0 comments: