Tips : Upgrade PC biasa menjadi PC Gaming Terbaik Dengan dana yang murah

January 23, 2017 Unknown 0 Comments



Memiliki Pc atau komputer yang mempunyai spesifikasi tinggi mungkin adalah idaman setiap orang , terutama bagi mereka yang hoby bermain game , karena dengan spesifikasi yang tinggi ini juga Komputer atau Pc mampu menjalankan Berbagai macam Game dan aplikasi berat lain nya . tapi tak sedikit orang juga banyak yang mengeluhkan hal ini di karenakan , untuk mendapatkan sebuah komputer atau Pc yang memiliki spesifikasi tinggi perlu dana yang tinggi pula untuk bisa mendapatkan nya .



Tapi kalian tak usah risau karena semua itu tidak sepenuh nya benar, jika kalian bisa teliti dan mengenal berbagai macam Hardware apa saja yang berguna menambah kinerja komputer untuk menjalankan berbagai macam Game dan aplikasi berat,  pasti Komputer/ PC kalian bisa di Upgrade dengan dana yang murah .
tak usah pusing kalian punya budget kecil , atau dana yang minim karena nyatanya dengan biyaya yang murah pun kalian bisa meng Upgrade Pc biasa menjadi  PC Gaming Terbaik .
di sini lah saya akan berbagi Tips dan Trik nya ,
ya sesuai dengan judul artikel ini yaitu Tips : Upgrade PC biasa menjadi PC Gaming Terbaik Dengan dana yang murah .






Lalu apa sajakah yang harus kita lakukan ? oke langsung saja ini lah beberapa yang harus kita ketahui terlebih dahulu :


  • Mengenal spesifikasi bawaan Komputer/Pc
  • Mengenal Fungsi dan kinerja Hardware yang di butuhkan
  • Tips membeli perangkat Hardware murah tapi berkualitas tinggi/terbaik 
  • Bantuan Software 
ohh iya jika kalian ada rencana ingin membuat video youtube kalian bisa baca ini 




1) Mengenal Spesifikasi bawaan Komputer/Pc

Sebelum melakukan Upgrade pada komputer pertama kalian harus mengetahui terlebih dahulu, tentang spesifikasi bawaan komputer/Pc yang akan kalian Upgrade , karena dengan mengetahui Spesifikasi nya di sini kita punya gambaran komponen Hardware apa saja kah yang perlu di Upgrade, jika memang masih ada hardware yang masih memiliki kinerja yang bagus maka itu tidak usah di upgrade, karena untuk meng hemat biyaya dana pengeluaran nanti .

Lalu kita pun harus mengetahui batasan-batasan untuk meng Upgrade komputer/Pc , pada umum nya meng upgrade komputer di lakukan hanya untuk mengganti komponen-komponen yang ketinggalan jaman saja , yaitu yang spek nya rendah , ada 4 langkah awalan yang harus kalian perhatikan terlebih dahulu sebelum Upgrade komputer/pc : 

  • Pastikan processor , memory , VGA , atau perangkat yang lain nya yang akan di upgrade sesuai dengan motherboard /mainboard kalian , karena ada juga Motherboard yang tidak cocok dengan beberapa processor atau perangkat lain nya . maka perhatikan lah ini terlebih dahulu jika kalian ingin meng upgrade ini semua bertujuan untuk menghemat dana , agar apa yang kalian beli tidak sia-sia .
  • Bila ingin meng upgrade VGA  pastikan bahwa layar monitor kalian juga mendukung dalam hal itu, sebagai contoh : Bila resolusi layar monitor  maksimal hanya 1024x768 pixel dengan 64k warna, maka untuk meng Upgrade VGA dengan memory hingga puluhan MB semua itu akan sia-sia , karena monitor kalian pengunaan efektif nya hanya berkisaran beberapa MB saja . ini lah penting nya untuk mengetahui Spesifikasi bawaan komputer kalian .
  • Pastikan juga slot untuk card memory masih tersedia , contohnya : kalian menggunakan 1 keping RAM dengan kapastisas data 500MB dengan 2 buah slot yang tersedia . jika kalian ingin meng upgrade nya menjadi 2 GB , otomatis kalian harus membeli 2 keping RAM dengan kapasitas masing-masing 1GB .
  • Bila hendak menambah perangkat lain nya seperti Harddisk,DVD drive,Blower/cooling fan . pastikan lah slot kabel data dan power masih tersedia , dan pastikan juga daya listrik yang di hasilkan Power supply itu kuat untuk menopang beberapa perangkat tadi .

2) Mengenal Fungsi dan kinerja Hardware yang di butuhkan

Ada banyak sekali sebenar nya perangkat-perangkat yang mendukung dan berpengaruh penting pada kinerja komputer saat bermain Game dan aplikasi berat . tapi di sini kita hanya akan memfokuskan pada bagian dalam nya saja, karena hal ini lah yang sangat berperan penting dalam performa komputer/pc kalian nanti .


  • Processor : jelas sekali yang pertama adalah processor , karena processor adalah otak nya komputer di mana semakin tinggi spek nya maka akan semakin bagus juga komputer/pc kalian dalam beroprasi. untuk saat ini processor dengan kasta tertinggi adalah seri i7  dari merek intel dengan 4 core yang di jamin mampu bertahan terhadap beberapa jenis game berat seperti GTA V , tapi jelas harganya pun sangat mahal , karena di sini kita akan mencari perangkat yang murah tapi memiliki kualitas terbaik maka saya sarankan kalian lebih baik menggunakan processor merek AMD yang harga nya jauh lebih murah tapi memiliki performa terbaik .



  • VGA : Video Graphics Association adalah komponen yang menentukan kualitas visual atau grafis, yang dimana fungsi nya adalah untuk mengubah data dari komputer kemudian di kirim ke monitor atau layar dalam bentuk grafis . VGA juga sangat penting karena komponen ini lah yang akan menentukan visual/grafis saat bermain game .



  • RAM : Random Acces Memory adalah bagian ketiga yang berperan penting dalam komputer/pc , Ram berfungsi untuk menyimpan data secara TIDAK permanen , jadi data yang di butuhkan dan di proses akan di simpan dalam storage yang akan langsung di gunakan oleh komputer / pc , semakin besar kapasitas RAM semakin besar juga informasi data yang bisa langsung di proses, dengan kata lain semakin cepat juga kerja komputer / pc dalam melakukan perintah .



  • Harddisk : atau bisa di sebut juga sebagai storage adalah perangkat untuk menyimpan dan mengambil informasi digital,  terutama data pada komputer . komponen ini juga sangat penting terutama sekarang ini banyak Game yang bermunculan dengan kapasitas yang besar , otomatis akan banyak data yang harus di simpan dalam Harddisk, sehingga pemilihan Harddisk dengan kapasitas yang besar adalah pilihan yang utama. bayangkan jika kalian sudah meng upgrade berbagia macam komponen tapi harddisk kalian tidak mampu menyimpan Game nya , semuanya itu tidak akan lucu jadinya :D hahahaha .



  • Motherboard : adalah induk dari komputer yang menghubungkan berbagai macam kompenen seperti processor,VGA,RAM dan yang lainnya . tapi menurut saya jika kalian ingin men upgrade komputer, motherboard ini tidak terlalu penting, asalakan motherboard kalian bisa cocok dengan berbagai macam komponen yang lain maka itu saja sudah cukup , tapi jika kalian memang punya dana lebih tak ada salah nya juga untuk mengganti atau meng upgrade nya .



  • Power supply : sesuai dengan nama nya komponen ini berfungsi sebagai penyuplai tenaga listrik yang akan di kirim ke komponen-komponen yang berada di dalam casing komputer atau sering di kenal sebagi CPU , power supply juga tak kalah penting karena dia lah yang akan menyuplai semua daya listrik untuk komponen-komponen lainnya sehingga semuanya bisa berjalan . 

3) Tips membeli perangkat Hardware murah tapi berkualitas tinggi/terbaik


Nah jika kalian sudah menjalankan dan memahami semua yang ada di atas , sekarang tinggal bagaimana kita mencari komponen-komponen terbaik tapi harganya tak begitu mahal .
di sini saya punya daftar harga komponen-komponen yang lumayan murah tapi tetap berkualitas,
data harga ini saya dapatkan dari TechinAsia , ayo kita simak satuper-satu . 


Processor yang saya sarankan untuk kalian :
-AMD kaveri A6-7400K 3.5Ghz (Radeon R4 series) dengan harga : Rp625.000
-Intel Core i3-2130 3.4Ghz cache 3MB dengan harga : Rp660.000
-AMD Vishera FX-8320E 3.2Ghz dengan harga : Rp1.780.000

VGA yang saya sarankan :
-MSI Radeon R7-240 2GB dengan harga : Rp842.000
-XFX Radeon R7-360 2Gb DDR5 dengan harga : Rp1.425.000

Ram yang saya sarankan :
-Patriot DDR3 Signature Line Kit Series Dual Channel PC12800 4 GB dengan harga : Rp335.000
-Team Elite Plus DDR3 PC12800 1600Mhz Dual Channel 4 GB (2X2 GB) dengan harga : Rp418.000
-Team Elite Plus DDR 3 PC 12800 Dual Channel 8 GB dengan harga : Rp672.000

Harddisk yang di sarankan
-WD 1 TB SATA3 64 MB - Caviar Blue dengan harga : Rp630.000

Motherboard yang saya sarankan :
-ASRock FM2A68M-DG3+ dengan harga : Rp700.000

Power supply yang di sarankan :
-Antec VP Series 500 W dengan harga : Rp585.000
-Super Flower BRONZE FX 550 W 80+ Bronze dengan harga : Rp760.000


4) Bantuan Software

dan yang terakhir ini adalah dengan bantuan Software , tak hanya hardware beberapa software juga akan berperan penting dalam mensetabilkan berbagai macam kinerja komputer kalian saat menjalankan Game dan aplikasi berat . ini lah beberapa software yang sangat berguna buat Performa komputer / Pc kalian :

Game Booster

Game booster ini berguna untuk mematikan aplikasi yang tidak di butuhkan dan mematikan semua aplikasi yang mengurangi kinerja komputer / pc , sehingga kinerja RAM akan maksimal dan setabil saat bermain game .

Cache Boots

CacheBoots adalah software untuk mengoptimlakan kinerja ram pc kesayangan kamu. dengan software ini kamu dapat mengoptimalkan ram pc kamu dengan mudah hanya cukup sekalli klik saja kamu langsung dapat mengoptimalkannya .
software RAM management yang dapat mengatur kebutuhan RAM system secara realtime dan efisien .

3D Analyzer

3D Analyzer adalah sebuah software untuk mengoptimalkan VGA dan bahkan kita bisa mengatur sesuka kita VGA pc kamu. Software ini berguna untuk menambah nilai VGA pc kamu. selain itu kita juga dapat mengoptimalkan game berat menjadih sedikit ringan dengan software ini , jadi anda tidak perlu rapot-repot membeli VGA CARD yang mahal bahkan sampe belasan juta untuk bermain game kesayangan anda .

Pc Booster

PcBooster adalah sebuah software untuk mengoptimalkan kinerja processor pc kalian. didalam software ini kamu dapat memantau seberapa batas maxsimum pc kamu kuat untuk bermain game dan juga dengan aplikasi ini kmu juga dapat meningkatkan kualitas processor pc gaming kalian.

notes: jika kalian ingin mendownload salah satu software di atas saya sarankan kalian untuk memasang anti virus internet terlebih dahulu , ini semua bertujuan agar mencegah milware/virus yang masuk dalam file yang kalian download nanti .



oke semuanya mungkin sekian dulu artikel saya kali ini , semoga artikel saya ini dapat membantu kalian semua . jika ada pertanyaan atau saran yang ingin kalian sampaikan bisa langsung berkomentar di bawah ini , mohon maaf jika penyampaian yang saya sampaikan kurang jelas di pahami dan terima kasih banyak sudah berkunjung ke blog saya ini, jangan lupa untuk di share ya jika memang artikel ini membantu kalian semua :) 

Thanks for you gays !!

You Might Also Like

0 comments: