E-Sports - Apa Itu eSports ?

January 14, 2017 Unknown 0 Comments

Esport


Mungkin banyak yang bertanya-tanya Apa Itu E-sports ? manfaat e-sport sendiri itu apa ?
  sebagian orang mungkin sudah kenal dengan kata-kata Esports ini, terutama bagi mereka yang sering bermain game , baik Game Online atau pun Game Offline . tapi buat kalian yang belum tahu pasti apa itu E-sport  di sini saya akan berikan sedikit gambaran mengenai Esports .
Definisi Esport sendiri adalah Electronic Sports .

- haaahhhh Electronic Sports , apaan tuh gua baru denger ?? .

+ ya sesuai dengan namanya yaitu Electronic Sport , 

Esport artinya adalah Olahraga Elektronik yang dimana aspek dari olahraga ini semuanya di fasilitasi oleh sistem elektronik . berarti secara garis besar Pengertian Esport  yaitu sebuah cabang olahraga yang tidak  bertanding secara fisik tapi lebih mementingkan strategi dan dipertandingkan secara online melalui komputer sehingga masing-masing tim dapat bertanding  tanpa ber tatap muka. input dari team dan player maupun output dari "actual esports systems" di mediasi oleh interface manusia dan komputer .


Hobi Dan Profesi

apa itu Esport



eSports sendiri sebenarnya adalah kompetisi-kompetisi video game antara player yang telah menjadikan game sebagai profesi mereka sesungguhnya .
eSports juga di kenal sebagai competitive gaming atau pro gaming,


menjadikan Profesi ?? ko bisa , gua sering main game tapi malah di sebut anak pemalas ama emak gua . ko ini malah bisa jadi profesi sih ?


nah mungkin itu pertanyaan bagi kalian yang belum mengetahui eSport sebenarnya , jangan heran dan merasa aneh akan semua itu .

main game pun bisa di jadikan sebagai Profesi yang menghasilkan uang tidak hanya untuk sebagai hiburan dan hoby saja .


IeSPA


IeSPA merupakan bagian dari FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia). FORMI sendiri merupakan federasi yang telah diakui oleh Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga), dan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia), maupun KOI (Komite Olahraga Indonesia) .


nah di sini nih poin utama nya , karena IeSPA sudah di akui pemerintah otomatis bagi mereka progamer lebih yakin dan lebih percaya diri bahwa dengan bermain game mereka bisa sukses layaknya dengan atlit-atlit olah raga lain .




Turnamen Besar dan Jutaan penonton



Esport Turnamen









                                 adanya sebuah turnamen besar setiap tahun nya , menjadikan esport sendiri sebagai olahraga yang benar-benar di akui sebagai olahraga kompetitif .
tipe-tipe game yang sering di jadikan sebagai kompetisi atau turnamen adalah tipe game seperti :

-FPS (First Person Shooter) contoh game nya adalah Counter Strike dan Pointblank
-MOBA (multiplayer online battle arena) contoh game nya adalah DOTA-LOL-HON
-Fighting (street fighter, tekken)
-Real time strategy games 

dan semua game ini di mainkan dalam turnamen-turnamen besar seperti turnamen The International Dota 2 ChampionshipsLeague of Legends World ChampionshipBattle.net World Championship SeriesEvolution Championship SeriesIntel Extreme Masters , yang menawarkan hadiah cukup menggiurkan mulai dari puluhan sampai ratusan juta . waaaww keren kan !
turnamen ini sendiri telah ada skitar tahun 2000 tapi masih belum cukup populer tidak seperti sekarang ini, yang dulu hanya di ikuti oleh pemain-pemain amatir tanpa komunitas . tapi sekarang eSports sendiri telah melonjak tinggi para pengikutnya,

Ajang Bisnis Iklan


Bisnis Esport


telah di buat berbagai macam komunitas besar , dan bahkan organisasi tim yang membuat kontrak dengan perusahaan-perusahaan elektronik berbasis komputer . yang dimana pasti setiap team akan mencari para player atau progamers untuk bergabung dengan tim nya dan akan di gajih tiap tahun atau season , ya gajauh beda dengan para pemain bola gitu lah sob ,

ada turnamen yang di buat otomatis ada tim dan tim akan mencari pemain , dan turnamen tersebut pasti ada sponsor dan si situlah pasti ada bisnis sobb :D hahah .
ini bisa jadi usaha yang sangat bagus buat kalian yang hoby main game , bisa di bilang hoby yang akan menghasilkan uang :D

dan biasanya di negara-negara maju seperti amerika, kore, dan jepang setiap pertandingan di turnamen tersebut akan di siarkan di stasiun televisi ESPN otomatis akan banyak sponsor iklan yang akan bergabung dengan turnamen ini , dan akan ada pemasukan dana juga dari hak siar tayang ! .

kalaw di indonesia sendiri mungkin belum sampai di siarkan di televisi :v paling  streaming live youtube ,
tapi untuk E-sport indonesia yang sekarang sedang populer adalah LGS , apa kalian tau LGS ?

LGS atau League Garuda Series adalah sebuah turnamen kompetitif game Lol indonesia , yang rutin di adakan tiap tahun di indonesia . di mana turnamen ini di isi oleh team team besar dari Game League of legends di wilayah indonesia, LGS sendiri di buat sebagai Pro League atau kompetisi League of legends tertinggi di indonesia yang otomatis mewakili komunitas Lol Indonesia di jajaran Komunitas LoL internasional . ada 8 tim yang akan bertanding di LGS tiap tahun/season nya dan juara pertama dari LGS nanti akan mewakili Indonesia untuk bermain di Garena Premier League atau turnamen level asia tenggara . 
dan jika salah satu team berhasil menjuarai Garena Premier League maka mereka akan mendapatkan 1 tiket menuju Turnamen Asia sampai terus nanti Menuju League of Leagends World Championship  turnamen LoL terbesar di dunia . waaaww kapan kita bisa seperti itu ya :'D heheh .

baca juga nih apa Itu League of Legends ? lol Indonesia

Referensi Artikel di atas di dapat dari berbagai sumber ( Wikipedia ) , ( League of Legends Indonesia ) , ( IeSPA ) , ( eSport Indonesia )

mungkin sekian dulu artikel saya kali ini jika ada pertanyaan atau saran silahkan jangan sungkan untuk berkomentar di bawah ini . mohon maaf bila ada kesalahan baik di kata-kata atau informasi yang saya sampaikan .

jika artikel ini membantu kalian bisa men share nya thx !!

You Might Also Like

0 comments: