Mengenal Apa Itu Tenda Fabric Structure , dan Jenis-Jenis Tenda

January 08, 2017 Unknown 0 Comments


oke sobat selamat datang di blog saya ini , bagaimana kabar kalian semua ? semoga sehat selalu  makin suksek di tahun baru ini, dan semoga apa yang sobat harap-harapkan,impian,cita-cita dari dulu
yang belum terwujud bisa terwujud di tahun ini :D !!


 oke sobat semua, kali ini saya akan membuat sebuah artikel tentang Tenda, mungkin bagi kalian semua sudah tak asing lagi dengan tenda, ya Tenda adalah tempat pelindung yang terdiri dari lembaran kain atau bahan lainnya menutupi yang melekat pada kerangka tiang atau menempel pada tali pendukung. Beberapa tenda tidak perlu berdiri diatas tanah karena ada beberapa model tenda yang menggantung di Pohon. 

Tapi apa sobat tau jenis-jenis dan fungsi  dari berbagai macam tenda tersebut ??Kita langsung aja ya ke topik utama .
   Tenda yg akan saya bahas kali ini adalah tenda yg berukuran dengan sekala besar seperti tenda roder, tenda gudang, tenda event pameran dan lain-lian.


Tenda secara internasional disebut sebagai fabric structures building karena ukurannya yang dapat menyamai konstruksi skala besar dengan kolaborasi tim teknis yang rumit. Tenda ini dalam skala besar juga membutuhkan perhitungan kekuatan dan keamanan mengikuti standar kualitas masing-masing negara. Oleh karena itu keahlian engineer mulai dari teknik sipil, teknik geologi, teknik metalurgi hingga teknik arsitektural sangat dibutuhkan untuk memenuhi standar tersebut.

Fabric structure pertama kali dikembangkan oleh para engineer di eropa dan amerika. Frei Otto adalah salah satu yang terkenal dari jerman untuk bidang ini. Fabric Structure dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan desain bangunan yang futuristik, bersifat ringan namun tetap kuat. Perkembangan kelimuan fabric strusture saat ini sangat maju dengan pendidikan master teknik yang telah dimulai di Wina Austria, Stuttgart Jerman, Dessau Jerman dan Panama Amerika .


Teknologi tenda atau fabric structure terdiri dari bagian desain, produksi dan instalasi. Setiap desain tenda harus bisa diproduksi dan diinstalasi dengan baik. Oleh karena itu diperlukan kolaborasi yang kuat dalam tim. 

Tim desainer saat ini biasanya menggunakan alat bantu perangkat lunak atau software CAD baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. Software untuk tenda yang terkenal adalah Easy dari Technet. Tim desain juga wajib melakukan perhitungan kekuatan struktur atas desain yang telah dibuat. Software penghitungan struktur yang terkenal saat ini adalah SAP2000 dari CSI America.

Software juga digunakan oleh tim produksi. Salah satu fitur Easy dari Technet adalah fitur patterning atau pola potong pada kain. Fitur ini membantu tim produksi untuk memotong kain dengan akurasi yang tinggi dari keseluruhan desain bangunan kain. Potongan-potongan kain tadi kemudian di satukan dengan mesin welding kain. Mesing welding kain saat ini menggunakan 2 metode yaitu heat welding dan high frequency welding.

Tim produksi yang mengerjakan struktur rangka menggunakan mesin welding atau mesin las dan mesin-mesin lainnya. Mesin las Tig, Mig dan Stick digunakan untuk menyatukan potongan-potongan rangka sesuai gambar kerja desain tenda. Untuk proses finishing, Tim produksi menggunakan cat cair atau powder coating agar struktur rangka awet tahan karat. Kami juga menggunakan teknologi hot dip galvanis yaitu pencelupan galvanis dengan metode panas yang disediakan oleh Zinkpower.


Proses akhir dari Pembuatan tenda adalah instalasi. Tim instalasi sebelumnya menentukan pondasi dan angkur yang akan digunakan menyesuaikan lokasi. Kemudian kami menyiapkan peralatan untuk ereksi struktur rangka dan instalasi kain. Beberapa alat berat sperti crane dan scissor lift digunakan untuk instalasi bangunan kain yang besar. 


Jenis-Jenis Tenda 

1.Tenda Membrane

 tenda membrane merupakan jenis tenda permanen yang banyak digunakan sebagai tambahan dalam sebuah bangunan, bisa menjadi kanopi atau justru atap utama dari sebuah bangunan.
Tenda membrane sendiri memiliki bentuk gaya yang unik, bisa di bilang lebih seperti karya seni bangunan :D
karna disain nya yg unik dan beragam penuh dengan seni, shinga  tenda ini juga banyak di pasang digedung hotel,setadion sepak bola,tempat parkir/halte dan juga ditaman .




pada umumnya Tenda membrane dalam pemasangannya menggunakan prinsip tegang tarik dengan menggunakan kawat sling baja sehingga tenda membrane mampu bertahan hingga 10 tahun lebih. 


Bahan tenda membrane yang saat ini banyak dipakai adalah jenis PVC composite karena harganya yang lebih murah dan lebih mudah dalam pemasangannya. Ada jenis lain seperti bahan PTFE atau juga ETFE namun belum banyak digunakan di Indonesia mengingat harganya yang mahal dan lebih rumit dalam pemasangannya. Jenis bahan tenda membrane PVC merupakan komposit dari polyester dan PVC yang kemudian diberi lacquaring PVDF (Poly Vinyl Dylene Fluoride) yang berfungsi melindungi lapisan PVC dari debu, asap atau pun air yang mengandung asam. PVDF mempunyai sifat kimia yang cukup stabil sehingga tahan terhadap udara korosif yang bersumber dari lingkungan sekitar.

2.Tenda Sarnafil

Tenda sarnafil adalah jenis tenda promosi, event, bazaar, dengan bentuk atap kerucut + 4 sisi dinding terpal yang dapat ditutup dan dibuka. Penggunaan tenda sarnafil ini sering digunakan untuk kegiatan promosi. Tenda sarnafil sangat mirip dengan tenda kerucut namun yang menjadi perbedaan adalah pada jenis kerangka yang digunakan adalah rangka alumunium 6cm x 6cm tebal 2mm dan 4 sisi dinding yang dapat dibuka dan ditutup. Tenda jenis ini dapat digunakan untuk berbagai kegiatan promosi, bazar, seminar ataupun pameran.


 Diluar negeri, Kita dapat melihat pemanfaatan Tenda Sarnafil ini, Misalnya sebagai loket pembayaran, loket masuk pada acara Piala Dunia di Brazil atau mungkin di acara MotoGP.

Warna asli dari Tenda Sarnafil adalah putih, namun belakangan banyak hadir Tenda Sarnafil dengan motif ataupun warna yang lain, Bahkan dibeberapa event, kami juga melihat Tenda Sarnafil yang telah menggunakan logo perusahaan yang menawarkan produk ataupun jasa. Tenda ini memang terlihat cukup elegant, sangat pas digunakan pada berbagai gelaran event.


3.Tenda Roder/Tenda Hanggar/Tenda Gudang


  Tenda Roder atau Tenda Hanggar adalah kontruksi bangunan besar semi permanen . tenda ini  menjadi pilihan utama untuk kegiatan outdoor dengan kebutuhan ruang yang besar. Meskipun sifatnya temporary atau sementara tenda hanggar atau roder ini memiliki kenyamanan yang sama dengan bangunan ruang atau hall permanen. Berdasarkan bahan yang digunakan yaitu campuran antara alumunium dan besi maka kekuatannya juga dapat diandalkan.

karna ukuran nya yg besar juga , tenda ini tidak hanya di jadikan sebaigai ruangan kegiatan acara pameran saja , bahkan tenda ini bisa di jadikan sebagai tempat parkir pesawat , gudang, dan sebagai tempat bengkel industri .


  
   sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis tenda lainnya , mungkin nanti saya akan membahas di artikel selanjutnya .
dan buat kalian yg mungkin ingin membuat atau menyewa tenda, saya bakal kasih tau nih tempat pembuatan atau penyewaan tenda, yang bisa di bilang terbaik di indonesia .



Lima Fabric Structures adalah perusahaan yg memproduksi struktur bangunan berbasis kain dengan menggunakan teknologi eropa dan sesuai dengan standar kode bangunan sipil eropa untuk memenuhi keselamatan dan kemanan dalam penggunaan bangunan . tidak hanya memproduksi , PT.Lima ini juga menyewakan berbagai macam tenda .
dan tidak di ragukan lagi Lima Fabric Structures telah melakukan berbagai macam orderan pembuatan tenda di berbagai wilayah indonesia sejak tahun 2011 , dan mereka juga memiliki para pegawai yang sudah bepengalaman dalam dunia kontruksi .

Lima Fabric Structures beralamat di Jl.Cikande-rangkas Km2,cikande,serang Banten .
buat kalian yang ingin tau lebih lanjut mengenai perusahaan ini silahkan langsung klik saja link nya ini  http://www.lima.co.id/ .




okh sekian dulu artikel saya kali ini , mohon maaf jika ada salah dari kata-kata dan informasi yang saya sampaikan :D , jika ada masukan,ulasan, atau pertanyaan yang ingin kalian sampaikan silahkan  tulis saja di kolam komentar .
dan terima kasih banyak atas waktunya telah menyempatkan mengunjungi blog saya ini ya sobat .
sampai bertemu kembali di postingan selanjutnya :D !!!



You Might Also Like

0 comments: