Apa Itu Rockabilly Mengenal Sejarah Rockabilly

February 03, 2017 Unknown 0 Comments

Apa Itu Rockabilly Mengenal Sejarah Rockabilly
Rockabilly fashion style


Apa kabar semuanya sob , oke artikel kita kali ini akan membahas tentang Dunia Rockabilly , Salah satu gaya Fashion lama yang kembali populer di akhir-akhir tahun ini.

tapi apakah kalian tau apa itu Rockabilly ? 

  • Asal-usul Rockabilly 
  • Kelahiran Rockabilly 
  • Pemusik Rockabilly terkenal 
  • dan daftar band Rockabilly Indonesia

kalau kalian belum tau, ayo kita cari tau semuanya tentang dunia sejarah Rockabilly , yang pertama yang akan kita bahas adalah .



Apa Itu Rockabilly 



Apa Itu Rockabilly Mengenal Sejarah Rockabilly
Elvis presley photos by : http://the100.ru

Rockabilly adalah salah satu gaya atau Fashion paling awal dan paling berpengaruh dalam musik Rock n Roll yang muncul pada tahun 50-an. 

Elvis presley, Chuck Berry, Carl Perkins,Jerry  Lee Lewis dan bahkan Jhony Cash salah satu inspiratornya Jerinx SID adalah bintang rockabilly yang paling terkenal. dan mereka semua lah para pengembang yang memperkenalkan dunia Rockabilly.

sumber Wikipedia.

 walaupun hanya berlangsung singkat selama tahun 1950-an, gaya bermusik rockabilly berpengaruh besar terhadap musik Rock dan budaya populer. Pada akhir tahun 1970-an dan awal 1980-an, rockabilly bangkit kembali dan bertahan sebagai sub-budaya hingga sekarang.

Dan bahkan di indonesia sendiri Gaya Rockabilly semakin saja jadi gaya yang trandy dan menjadi salah satu Fashion terpopuler hingga saat ini.




Asal-usul Rockabilly


Apa Itu Rockabilly Mengenal Sejarah Rockabilly
Rockabilly fashion style


Dan untuk asal-usaul Rockabilly kita bisa lihat dari hubungan erat antara musik Blues dan Musik Country yang di telusuri sejak dari rekaman lagu-lagu country tahun 1920-an. 
Julukan untuk bintang musik country Jimmie rodgers adalah blue yodeler atau penyuara yodel bergaya blues.

Di awal tahun 1950-an, Hank Williams dan Letfy Frizzell yang bergaya musik Honky Tonk merajai lagu-lagu yang diputar di jukebox.

Tema lagu-lagunya kebanyakan tentang pesta, putus cinta, dan ketidakadilan dalam hidup. Musik seperti ini cocok untuk kalangan pekerja yang senang berkumpul di bar untuk melewatkan malam minggu dengan minum-minum, mencari pacar atau teman berkelahi.

Suasana meriah seperti ini ternyata lebih pas lagi kalau mendengar musik berirama rockabilly yang memiliki ritme lebih cepat dan lirik berisi luapan emosi secara terang-terangan.






Kelahiran Rockabilly

untuk kelahiran dan sejarah Rockabilly sendiri ini terjadi pada saat Elvis Presley yang ingin merekam suaranya di sebuah label rekaman independen bernama Sun Records di Memphis, Tennessee. yang sebenarnya kurang terkenal tahun itu.

dan tiba-tiba sang pemilik rekaman terkaget sangat kagum pada Elvis Presley dengan suara dan gaya bernyanyi nya yang unik shingga iya sampai berpikir bahwa Elvis memiliki segalanya dalam bermusik.

Tak bergulir waktu yang lama Elvis langsung dipasangkan dengan musisi band lokal berirama country, gitaris Scotty Moore dan pemain bas Bill black

Trio Rockabilly ini berlatih memainkan lusinan lagu, mulai dari musik country tulen, lagu-lagu hit Dean martin, hingga lagu musik Gospel.


 Pada 5 juli 1954, mereka merasa jenuh karena terus menerus rekaman di studio Sun dan memutuskan untuk mengambil waktu istirahat. Elvis menghibur diri dengan memainkan lagu lama berirama blues yang segera diikuti Scotty dan Bill. 
Sam terkesan mendengar blues yang mereka mainkan dan meminta agar lagu diulang dari awal. 
Lagu bersejarah tersebut adalah "That's All Right"  yang direkam dan diedarkan sebagai singel pertama Elvis pada 19 juli 195.

Elvis kembali masuk rekaman, kali ini dengan lagu berirama bluegrass, "Blue Moon of Kentucky" yang dibawakannya dengan gaya yang sama

Lagu "Blue Moon of Kentucky" langsung disukai pendengar setelah diputar stasiun-stasiun radio di kawasan Memphis. Setelah masuk tangga lagu lokal, lagu ini mulai diputar di berbagai stasiun radio di daerah Selatan.

Pendengar ternyata tidak bisa mengenali warna kulit penyanyi lagu "Blue Moon of Kentucky" hanya dari mendengar suaranya saja. Penggemar terbesar lagu ini ternyata datang dari pendengar stasiun radio berirama country. Pada waktu itu, orang masih belum tahu bagaimana harus menyebut nama jenis musik ini.


Elvis menyebut musiknya sebagai The Hilbilly Cat dan King of Western Bop. Nama "Rockabilly" diperkenalkan kemudian dan ternyata terus melekat hingga sekarang.

Hingga pada tahun berikutnya, Elvis masih merekam 4 buah singel lagi untuk studio Sun. Semuanya direkam Elvis dengan resep yang sama, campuran blues dan country. 

Lagu-lagu Elvis menjadi standar gaya rockabilly dengan ciri khas berupa "tempo tinggi" dengan betotan bas, petikan gitar penuh perasaan, permainan gema, dan sering meneriakkan "Go man go". 

Ciri khas lain adalah vokal yang sangat emosional dan energetik, seperti orang tersedak atau gagap bernyanyi, atau suara yang terjun dari falseto ke bass dan sebaliknya.







Pemusik Rockabilly Dunia Terkenal





   Johnny Cash
Apa Itu Rockabilly Mengenal Sejarah Rockabilly
Johnny cash photography

Ini lah dia Pesaing Elvis sang raja rock n' roll, Johnny Cash yang sering disebut "Pangeran Rockabilly". 
Musik Johnny Cash terkenal sederhana dan mudah dimengerti banyak orang. 
Salah satu lagunya yang menjadi klasik adalah "Folsom Prison Blues" .

(J. R. Cash, lahir 26 febuari 1932 – 12 september 2003) adalah Salah satu Seorang penyanyi terpopuler sejak awal tahun 1950an sampai akhir 1980an yang paling terkenal dengan gaya musik Country dan Blues dari AS.

Ia adalah suami dari penyanyi country June Carter Cash. 
Cash terkenal dengan sebutan "man in black" meninggal akibat penyakit diabetes.


Lagu-lagunya yang terkenal di antaranya adalah "I Walk The Line", "Folsom Prison Blues", "Ring of Fire", "The man in Black", "Orange Blossom Special", "So Doggone Lonesome" dan masih banyak lagi. Dalam kariernya yang membentang 50 tahun, ia menjual lebih daripada 80 juta keping peralbum.




      Carl Perkins

Apa Itu Rockabilly Mengenal Sejarah Rockabilly
Blue suede shoes photos by :pazzazz

Yang pertama ada Carl Penyanyi dari label rekaman Sun yang berhasil meraih penjualan di atas satu juta kopi dengan lagu "Blue Suede Shoes".
Namun begitu di sayangkan Karier Carl dan band pengiringnya hancur bersama saat kecelakaan lalu lintas ketika sedang menuju New York untuk tampil di televisi. 

Sewaktu Carl dan rekan sedang dirawat berbulan-bulan di rumah sakit, "Blue Suede Shoes" melejit di tangga lagu dan turun lagi secara pelan-pelan. memang Carl Perkins berhasil sembuh, namun ia tidak lagi pernah berhasil menciptakan lagu hit.




Jerry Lee Lewis alias "The Killer"

Apa Itu Rockabilly Mengenal Sejarah Rockabilly
Jerry lee lewis konser photos by : www.waybackattack.com

Kisah Jerry bisa di bilang sangat hebat dan inspiratif karena saat ia ingin menjadi terkenal dia berusaha susah payah menjual semua telur-telur dari peternakan ayam milik ayahnya di Ferriday , Louisiana supaya bisa ikut audisi di studio Sun.

Dengan Warna permainan piano Jerry Lee Lewis sangat unik dan aksi panggungnya sangat keterlaluan membuatnya semakin terkenal.

Tapi sangat di sayangkan Setelah menjual rekaman sebanyak 4 juta kopi, Karir Jerry harus kandas dan diasingkan para penggemar karena menikahi keponakannya sendiri yang berusia 13 tahun.
.


Aliran rockabilly tidak selalu didominasi pria. Wanita penyanyi rockabilly seperti 

Wanda Jackson, Janis Martin, Jo ann Campbell, dan Alsy Lesley 

sempat mencatat hit kecil-kecilan dan melakukan tur. Walaupun demikian, lagu-lagu mereka tidaklah sepopuler penyanyi rockabilly pria. 

Pengaruh wanita penyanyi rockabilly pada masa itu nantinya baru terasa berpuluh-puluh tahun kemudian ketika Becky Hobbs, Rosie Flores, dan Kim Lenz membangkitkan kembali rockabilly.

Di Amerika Serikat, musik rockabilly mencapai puncak kepopuleran sepanjang tahun 1956 dan 1957, tetapi praktis tidak disiarkan lagi di radio setelah tahun 1960.

Musik rockabilly bertahan agak lebih lama di Inggris hingga di pertengahan tahun 1960-an. tapi sekarang di indonesia Rockabilly kembali populer awal tahun 2012 sampai 2017 ini.








Daftar Band Rockabilly Indonesia

Buat kalian warga indonesia harus berbangga dengan salah satu band Rockabilly dan Rock legendaris yang sangat terkenal justru di manca negara, utamanya di belahan bumi Eropa, The Tielman Brothers namanya.
The Tielman Brothers adalah sebuah nama band yang para personilnya sangat akrab dengan bumi Indonesia lantaran Herman Dirk Tielman yaitu ayah Tielman bersaudara ini adalah pria kelahiran Menado tahun 1904, sementara Flora Lorine Hess yaitu ibu dari Tielman bersaudara adalah wanita keturunan Jerman yang lahir di Madiun tahun 1901. 
The Tielman Brothers juga pernah tampil di Istana Negara Jakarta dihadapan Presiden Soekarno . Karier rekaman mereka dimulai ketika keluarga Tielman pada tahun 1957 hijrah dan menetap di . Nama The Tielman Brothers lebih dikenal di Eropa di banding di negaranya sendiri yaitu Indonesia.
The Tielman Brothers dipercaya lebih dulu memperkenalkan musik beraliran rock sebelum The Beatles. Aksi panggung mereka dikenal selalu atraktif dan menghibur. Mereka tampil sambil melompat-lompat, berguling-guling, serta menampilkan permainan gitar, bass, dan drum yang menawan. Andy Tielman, sang frontman, bahkan dipercaya telah memopulerkan atraksi bermain gitar dengan gigi, di belakang kepala atau di belakang badan jauh sebelum Jimi Hendrix, Jimmy page atau Ritchie Blacmore .
Apa Itu Rockabilly Mengenal Sejarah Rockabilly
The Tielman Brothers photos by : https://latitudes.nu

Selain ada The Tielman Brothers di indonesia sendiri masih banyak Daftar Band Rockabilly terkenal yang masih berkarir hingga saat ini, ini lah daftarnya :
  • Uncle bean band (Denpasar)
  • Suicidal Sinatra (Denpasar)
  • The Hydrant (Denpasar)
  • Desparados bandidos (Jogjakarta)
  • Hillbilly countrybilly (Surabaya)
  • Diamonds are devil (Bandung)


tapi untuk Profil lebih jelasnya kita bahas pada artikel selanjutnya ya sob , oke sekian dulu artikel saya kali ini jika ada pertanyaan atau masukan jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar di bawah ini ya. dan terima kasih buat kalian semua semoga apa yang saya tulis ini bisa menambah pengetahuan kalian mengenai musik fashion dari Rockabilly .

You Might Also Like

0 comments: